Korupsi Lagi, Kini KPK Cegah Ema Sumarna Plh Wali Kota Bandung Untuk Tidak Pergi ke Luar Negeri

Korupsi, SURYABERITA.COM - Korupsi Lagi, Kini KPK Cegah Ema Sumarna Plh Wali Kota Bandung Untuk Tidak Pergi ke Luar Negeri. Kembali lagi perihal korupsi, baru-baru ini Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) mencegah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung yaitu Ema Sumarna untuk tidak bepergian ke luar negeri. Saat ini Ema Sumarna menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung sejak Yana Mulyana (YM) ditetapkan tersangka KPK.

KPK telah mengirimkan surat permohonan untuk pencegahan ke luar negeri untuk nama Ema Sumarna kepada Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Ema Sumarna dicegah bepergian ke luar negeri untuk selama enam bulan ke depan dalam rangka untuk memudahkan serta melengkapi berkas penyidikan tersangka Yana Mulyana (YM). 

"Saat ini, KPK telah melakukan cegah pada satu orang pihak yang menjabat Sekda di Pemkot Bandung untuk tidak melakukan perjalanan keluar negeri. Cegah dalam rangka kebutuhan proses penyidikan perkara tersangka YM dkk," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (16/5/2023).

KPK mencegah Ema Sumarna karena keterangannya sangat dibutuhkan untuk proses penyidikan kasus dugaan suap Yana Mulyana dan kawan-kawan (dkk). KPK menduga Ema Sumarna mengetahui banyak soal dugaan suap Yana Mulyana.

"Diduga pihak yang dicegah dimaksud memiliki keterkaitan erat dengan penyidikan perkara ini. Pengajuan cegahnya sudah diajukan sejak awal Mei 2023 pada Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI," ungkapnya. KPK bakal segera menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ema Sumarna. 

KPK mengimbau kepada Ema agar kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan. "Sikap kooperatif dari pihak yang dicegah tersebut diperlukan agar proses penyidikan perkara dapat segera dirampungkan," pungkasnya. 

Diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (YM) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek pengadaan Closed Circuit Television (CCTV) dan Internet Service Provider (ISP) atau jasa perawatan jaringan internet untuk layanan Bandung Smart City tahun anggaran 2022-2023. 

Kang Yana ditetapkan sebagai tersangka bersama lima orang lainnya. Adapun, kelima tersangka lainnya itu yakni, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Bandung, Dadang Darmawan (DD); Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkot Bandung Khairul Rijal (KR). 

Kemudian, Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Benny (BN); CEO PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) Sony Setiadi (SS); dan Manager PT SMA, Andreas Guntoro (AG). 

Penetapan tersangka terhadap keenam orang tersebut merupakan hasil gelar perkara dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bandung pada Jumat, 14 April 2023.

Himbauan dari Presiden Jokowi agar warga indonesia tidak suka akan kegiatan haram yaitu korupsi. karena korupsi itu sama saja menghinakan anda dan keluarga anda di mata rakyat indonesia dan juga hina terhadap tuhan yang maha esa.

"Jika tidak ada korupsi, Indonesia adalah negara yang paling kaya di dunia ini. hanya karena korupsi kita belom bisa menjalankan semua kemerdekaan indonesia sampai ke semua pelosok negeri indonesia ini". Tandas Presiden.

Editor: Ria Amalia

0 Komentar