Diduga Korupsi Milyaran Rupiah, Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Dicegah ke Luar Negeri Oleh Pihak KPK

Korupsi, SURYABERITA.COM - Diduga Korupsi Milyaran Rupiah, Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Dicegah ke Luar Negeri Oleh Pihak KPK. Kebijakan pencegahan tersebut di umumkan dan diusulkan oleh KPK demi proses dalam penyidikan.

"Saat ini tercantum dalam daftar pencegahan usulan dari KPK," kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nursaleh saat dihubungi detikcom, Senin (15/5/2023).

Pencegahan kepada Andhi Pramono mulai berlaku sejak hari ini. Andhi akan dicegah ke luar negeri selama 6 bulan ke depan, karena jika keluar negeri akan sangat sulit menjaring semua kasusunya.

"Berlaku tanggal 15 Mei 2023 sampai dengan 15 November 2023," katanya.

KPK belum menjelaskan status terbaru dari Andhi Pramono. Namun usulan pencegahan dari KPK sering kali dilakukan ketika sebuah kasus telah naik ke tingkat penyidikan.

Nama Kepala Bea Cukai Andhi Pramono tersebut sempat mencuat ke publik setelah gaya hidup mewahnya viral di ber bagai media sosial. Andhi viral ketika kerap kali memamerkan barang-barang mewah hingga gaya mewah kehidupan putrinya juga menuai sorotan.

KPK lalu memanggil Andhi Pramono pada Maret 2023. Dia dimintai klarifikasi mengenai asal-usul kekayaannya yang dilaporkan di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Usai diklarifikasi KPK pada Selasa (14/3), Andhi mengatakan putrinya tidak pernah berniat pamer kekayaan. Dia mengatakan putrinya itu memang punya hobi dalam dunia mode atau fashion.

"Kemudian foto yang banyak beredar tentang putri saya, karena saya tidak pernah secara pribadi memamerkan di IG medsos lainnya tentang pamer-pamer, saya tidak ada satu pun sehingga dikait-kaitkan kepada putri saya," kata Andhi di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Putri saya sekarang memang berada di luar negeri karena sedang menjalani kuliah di Universitas Indonesia fakultas ekonomi double degree yang berada di Australia dan putri saya sudah dewasa dan dia menekuni fashion dan selebgram," sambungnya.

Akan tetapi banyak dari Netizen yang tidak percaya bahwa anaknya mendapatkan uang sebanyak itu dari hasil endors ataupun hasil jualan barang fashion.

Simak juga Video: Pengakuan Kepala Bea Cukai Makassar soal Harta Kekayaannya:


0 Komentar