Anda punya Konter? Sementara Stop dulu Stok Tabletnya, Karena Data Terbaru 2023 ini Anjlok Parah


Jakarta, SURYABERITA.COM - Anda punya Konter? Sementara Stop dulu Stok Tabletnya, Karena Data Terbaru 2023 ini Anjlok Parah. Produsen Smartphone dari berbagai Vendor mulai mengurangi produksi di Industri perangkat elektornik di sektor Tablet, karena sedang terguncang parah. Setelah laporan bisnis HP anjlok 13% secara tahun-ke-tahun (YoY), pasar tablet juga memiliki tren serupa justru makin parah.

Laporan dari kantor firma riset IDC menunjukkan penjualan HP turun 19,1% di Q1 2023. Jumlah produk yang dikapalkan berjumlah 30,7 juta unit, dan ini terhitung angka yang sangat banyak jika di bandingkan tahun lalu, sangat fantastis bukan ngedropnya?

Dikutip dari Fonearena, Selasa (9/5/2023), vendor atau produsen-produsen tablet dari berbagai merk saat ini fokus menghabiskan perangkat yang masih tersisa di 'gudang' mereka, sebelum meluncurkan produk baru. Strategi ini dianggap sebagai salah satu pemicu turunnya penjualan ke distributor pada paruh pertama 2023.

Selain itu, kembalinya kebijakan bekerja di kantor (WFO) pasca pandemi membuat perangkat tablet tak lagi menjadi kebutuhan yang krusial. Saat pandemi, penjualan tablet sempat populer, apalagi untuk mereka yang memilih kerja dari mana saja, bukan cuma di rumah (WFH).

Apple dan Samsung masih merajai pasar tablet dengan pangsa pasar hampir 58% dari total keseluruhan. Huawei menempati posisi ketiga, sementara Lenovo dan Amazon masing-masing di posisi keempat dan kelima.

Penjualan tablet Amazon turun paling parah, mencapai 62%. Tak ada vendor yang mencatat pertumbuhan positif di Q1 2023.

Apple yang masih menguasai pasar di posisi pertama mencatat penurunan penjualan 10,2%. Samsung anjlok 14,3%, Huawei menyusut 9,7%, dan Lenovo terjun bebas 27,1%.

Di tengah kelesuan ini, pasar tablet diprediksi akan makin ramai. Research Manager IDC, Jitesh Ubrani mengatakan ada harapan pertumbuhan untuk tablet dalam beberapa waktu ke depan.

Di Indonesia, Oppo Pad Air hadir memulai debut sebagai produk tablet pertama dari Oppo. Selain itu, Redmi Pad juga meramaikan pasar tablet kelas entry-level.

Baru-baru ini, OnePlus dan Pixel juga turut meramaikan pasar tablet dengan meluncurkan produk pertama mereka di ranah global.

Maka dari itu penduduk indonesia diharapkan untuk berhati-hati dalam menimbun stok tablet tahun ini di toko anda.

0 Komentar