985 Tower BTS Mangkrak Akibat koruptor Johnny G Plate, Mahfud MD buka Suara.


Jakarta, SURYABERITA.COM - 985 Tower BTS Mangkrak Akibat koruptor Johnny G Plate, Gegara Koruptor baru Johnny G Plate ini membuat negara rugi milyaran rupiah dan sangat merugikan dan menghambat perkembangan teknologi di indonesia ini. 

Bapak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara soal kasus korupsi yang menimpa dan di lakukan Johnny G Plate ini benar-benar membuat banyak pimpinan geleng-geleng.

Berdasarkan laporan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) telah menyebabkan proyek base transceiver station (BTS) 4G sekitar 985 tower mangkrak akibat ulah dari Johnny G Plate ini.

"Tiang itu dilihat oleh satelit oleh BPKP. Kan hanya ada 985 itu pun semua yang dijadikan sampel tak ada, hanya barang-barang mati. Mangkrak dan belum ada barangnya," kata Mahfud dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (19/5/2023)

Proyek pembangunan BTS 4G Kominfo memakan biaya sebesar Rp28 triliun, dimulai sejak 2020. Secara bertahap, anggaran dicairkan hingga 2024. Sebanyak Rp10 triliun sudah cair, untuk proyek pembangunan tower BTS dengan target 1.200 tower dalam jangka waktu 2020-2021.

Hanya saja, Mahfud mengatakan tower BTS 4G itu tak kunjung dibangun sampai akhir tahun 2021. "Lalu diperpanjang sampai Maret [2023]," ujarnya.

Mahfud kemudian menjelaskan 4.800 tower BTS 4G Kominfo awalnya ditargetkan dibangun pada jangka waktu Desember 2021 hingga Maret 2023. Meski demikian, hanya 985 tower BTS 4G yang telah dibangun hingga saat ini tapi tidak bisa digunakan.

"Kemudian semula dihitung kerugian oleh kejaksaan sekitar satu koma sekian triliun, tapi oleh BPKP turun tangan, diperiksa itu ternyata mulai dari perencanaan, penunjukan konsultan, penunjukan barang, mark-up dan sebagainya itu lah itu yang kemudian dijadikan alasan," kata dia.

"Himbauan untuk semua Pejabat, janganlah kalian suka korupsi, kalian tidak akan bahagia karena korupsi, badan kalian akan sakit-sakitan jika kalian terus melakukan korupsi". Ungkap Mahfud MD untuk mengingatkan

Simak Video penangkapan koruptor Johnny G Plate di bawah ini:

0 Komentar